Kostum yang ditampilkan oleh Geprek Bensu di Paris Fashion Show (dok. pribadi: Instragram @jordionsu) |
Klaim beberapa brand Indonesia yang mengatakan tampil di Paris Fashion Week menuai kecaman dari warganet. Kenyataannya, brand-brand Indonesia yang berupa produk kecantikan hingga makanan hanya mengadakan fashion show di Paris yang waktunya bersamaan dengan Paris Fashion Week.
Geprek Bensu
merupakan salah satu brand dari
Indonesia yang mengikuti acara fashion
show di Paris. Bahkan, Jordi Onsu mengklaim jika Geprek Bensu
tampil di acara Paris Fashion Week. Jordi Onsu mempersiapkan sebuah kostum
khsus untuk mempromosikan Geprek Bensu. Kostum tersebut berbentuk jubah yang didominasi
dengan warna putih dan terdapat tulisan kualitas dari ayam produksi Geprek
Bensu.
Klaim dari Jordi
Onsu tersebut menuai kritik yang tajam. Warga Indonesia mengaku malu lantaran brand Indonesia dianggap menumpang nama
di acara Paris Fashion Week. Banyak warga Indonesia yang menganggap klaim
Geprek Bensu tersebut merupakan sebuah pembohongan publik. Kekesalan warga
Indonesia diwakili oleh Wanda Hamidah yang mencoba meluruskan misleading yang terjadi. Namun, kritik
dari Winda Hamidah tersebut justru menuai serangan netizen.
Di balik kritik
yang diterima oleh Geprek Bensu, klaim yang dilakukan merupakan salah satu
strategi marketing dari brand Indonesia,
khususnya Geprek Bensu. Strategi tersebut dikenal dengan sebutan ambush marketing yang memanfaatkan suatu
acara, tapi bukan bagian resmi dari acara tersebut.
Biasanya, strategi
marketing ini dilakukan saat momentum acara yang sedang digelar. Tujuannya untuk
menaikkan brand image dengan menumpang
nama pada acara tersebut. Strategi ambush
marketing memang boleh dilakukan, tetapi secara etis strategi marketing ini
dilakukan hanya tiruan belaka.
Konten negatif memang
dinilai memiliki engagement yang tinggi.
Namun, engagement yang tinggi tidak
selalu mendapatkan sentiment yang tinggi pula. Hal tersebut tergantung
bagaimana “cara masuk” ke dalam momen negatif tersebut.
Terlepas dari polemik
yang terjadi, usaha dan kecerdikan brand Indonesia
dapat memberikan atensi. Hal tersebut dapat dilihat dari trending topic yang terjadi. Hasilnya, brand mereka menjadi banyak dikenal lebih luas oleh masyarakat. Artinya
usaha mereka cukup membuahkan hasil yang bagus untuk brand tersebut.
Sumber: www.beritarakyat.id
Sumber Foto:
NA
Komentar
Posting Komentar